Rabu, 10 November 2010

Menyehatkan Perempuan di Lingkungan Lanud Sugiri Sukani Majalengka

Bidan anggota RCC Utami menyanyikan lagu Sungai Serayu dihadapan anggota Rotary Club Cirebon dan Pia Ardhya Garini Lanud Sugiri Sukani Majalengka
Foto bareng bidan Lanud Sugiri Sukani Majalengka
Menunggu dibawah tenda seperti yang dipakai pengungsi Merapi
Anak mewarna gambar sementara ibunya periksa IVA
Mereka yang diobati wajib konseling dengan tim Al Azhar Indonesia Jakarta


Hari Minggu, 31 Oktober 2010, suasana di lingkungan Lanud Sugiri Sukani Majalengka berubah meriah. Ada dua tenda yang biasa dipakai pengungsi dan satu parasut berubah menjadi tenda. Sementara ibu-ibu mendaftar dan antre untuk periksa IVA yang digelar PIA Ardya Garini yang bekerjasama dengan Rotary Club Purwokerto, Rotary Community Corps (RCC) Utami dan Rotary Club Cirebon. Mereka berasal dari beberapa desa di Kabupaten Majalengka setelah mendengar manfaat periksa IVA yang dilakukan bidan-bidan anggota RCC Utami dari Purwokerto.

Sebelum periksa, mereka harus mendaftar ulang agar mendapat nomor panggil. Mereka dipanggil dan sebelum masuk ruang periksa, harus ke toilet mengosongkan air kemih dan memakai kain sarung. Ketika diperiksa bidan dan tidak ditemukan ‘’kutil’’ bisa langsung pulang. Namun jika ditemukan ‘’kutil’’ harus diobati oleh dokter Tonny S Moerdijat SpOG sebagai penanggungjawab media kegiatan IVA dari RC Purwokerto.

Selesai diobati, mereka juga tidak boleh buru-buru pulang karena harus menjalani konseling yang diberikan mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta. Mahasiswa itu senantiasa bekerjasama dengan Rotary Club Purwokerto untuk konseling agar peserta yang ditemukan ‘’kutil’’ tidak cemas, takut, dan was-was.

Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Sugiri Sukani Ny Alvita Hanadayani Suwito mempunyai keinginan untuk mengadakan pencegahan kanker serviks di lingkungan Lanud Majalengka. Namun dokter Tonny S Moerdijat SpOG meminta agar PIA mengajak serta Rotary Club Cirebon, dan kegiatan itu juga bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta.

Tim IVA RC Purwokerto dan RCC Utami yang diketuai Anton Soeparno, berangkat hari Sabtu 30 November 2010 dengan tiga kendaraan membawa 18 orang. Sedangkan tim Al Azhar yang jumlahnya 14 orang naik kereta menuju Cirebon. Kedua tim bertemu di Mess TNI AU di Penggung pukul 16.00.

Sabtu malam kedua tim bertemu dengan anggota Rotary Club Cirebon dan PIA Lanud Sugiri Sukani di Hotel Intan Jalan Pangeran Drajat. Dalam kesempatan itu diadakan fellowship yang diawali makan malam, dilanjutkan penampilan bidan RCC Utami menyanyikan lagu Mother, Sungai Serayu, RCC Utami dan Ibu Pertiwi. 

Dalam kesempatan itu dokter Tonny menjelaskan sekilas kanker serviks yang bisa dicegah dengan Inspeksi Visual Acetic acid (IVA) yang sudah dilakukan sejak tahun 2003. Gerakan pencegahan kanker serviks ini harus dilakukan dengan kemitraan melalui kerjasama Rotary Club di District 3400.

Mereka yang diperiksa tercatat 626 orang dan yang ditemukan ‘’kutil’’ tercatat 88 orang dan langsung diobati oleh dokter Tonny S Moerdijat SpOG. Mereka juga mengikuti konseling sehingga ketika pulang sudah tidak merasa cemas, tidak takut lagi.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Universitas Al Azhar jurusan pendidikan anak usia dini (PAUD) menggelar  kegiatan mewarna bagi anak-anak yang ikut ibunya periksa IVA. Mereka juga diajak bermain bola, diberi dongeng sambil mengajak mereka untuk diskusi.

Kegiatan pelayanan skrining kanker serviks di Lanud Sugiri Sukani selesai pukul 15.30, dan tim IVA RC Purwokerto dan RCC Utami langsung pulang ke Purwokerto. Sedangkan tim Universitas Al Azhar juga pulang naik kereta ke Jakarta agar esok harinya Senin, 1 November 2010 tetap bisa melakukan aktivitasnya di kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar