Rabu, 05 November 2014

Minat Menanam Sayur Makin Diminati



Virus yang menyebarkan upaya budidaya sayur di polybag di Kota Purwokerto makin marak. Upaya tersebut dilakukan kelompok masyarakat, termasuk Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banyumas. Hal serupa dilakukan juga Rotary Club of Purwokerto dan komunitas yang peduli lingkungan seperti Omah Keterampilan ‘’Arandita’’. Bahkan Forum Badan Keswadayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas pun tidak mau ketinggalan.
Hal tersebut didukung pula Pemerintah Kabupaten Banyumas yang memfasilitasi pembentukan Kelompok Wanita Tani di tingkat kelurahan dan desa. Diawali dengan pelatihan seperti membuat kompos untuk media tanam, menyemai aneka bibit sayur, manajemen sampai kepada pemasaran bibit sayur. ‘’Program tersebut untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Banyumas,’’ ungkap Didik Yuwanto yang juga anggota Kelompok Kerja 3 TP PKK Kabupaten Banyumas.
Menanam sayur tidak harus di lahan yang luas, lahan yang terbatas pun bisa. Yaitu, menggunakan pot, polybag, atau bekas kemasan minyak goreng. Ada juga yang memanfaatkan kaleng bekas tempat kue. Sedang sayur yang ditanam aneka ragam ada selada, tomat, bunga kol, terong, cabai rawit, dan sebagainya.
Sekretariat TP PKK Kabupaten Banyumas yang kini menempati rumah dinas di Jl. Telpon No. 3 Purwokerto tidak luput dihiasi dengan aneka tanaman sayur di polybag. Di antaranya, di teras depan, kebun belakang sehingga menambah asri sekretariat itu. Kelompok Kerja 3 (Pokja) paling gencar menularkan budidaya sayur di lahan sempit. (Anton Soeparno)

 Hiasan teras dari tanaman sayur

Cabai rawit dan selada

Sayur di polybag jadi percontohan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar